PLTS akan Dibangun di Pulau Bawean Bulan Depan

Surabaya: Pulau Bawean di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, akan dipasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) mulai November 2021. Ini adalah salah satu upaya PT Pembangkitan Jawa – Bali (PJB), untuk mendorong penerapan energi baru terbarukan (EBT) di wilayah kepulauan. “Rencana pengembangan PLTS floating 2 MWp+BESS 400 kWH sebagai penambahan pembangkit sistem di Bawean yang dimulai November 2021,” kata Direktur Pengembangan dan Niaga PT PJB, Iwan Purwana, saat webinar, Selasa, 12 Oktober 2021.Anak usaha dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) ini juga mengembangkan EBT melalui beberapa skema. Masing-masing EBT Skema Kemitraan, EBT Kepulauan Tersebar, PLTS Untuk Pemakaian Sendiri (PS), hingga Elektrifikasi dengan EBT.

“PJB juga mempunyai skema PLT Hybrid, yakni tenaga campuran, terdiri dari diesel, tenaga surya, dan baterai,” katanya.

Sementara itu, Direktur SDM PT PJB, Karyawan Aji, mengatakan pemanfaatan EBT di Indonesia pada 2025 mendatang ditargetkan mencapai 23 persen. “Potensi EBT di Indonesia menjadi magnet tersendiri bagi dunia internasional, karena cukup besar,” kata Aji.

Pakar Bioenergy Engineering dan Agricultural Engineering, Universitas Brawijaya, Bambang Susilo menyampaikan, potensi EBT di Indonesia cukup besar, karena memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah. Potensi itu di antaranya aliran air, tenaga surya, biomassa, bahan bakar nabati, biogas, suhu kedalaman laut, angin, ombak laut, dan panas bumi.

“Oleh karena itu, perlu kiranya didorong terus pengembangan EBT, sehingga mampu menjadikan Indonesia mandiri dengan sumber daya alamnya,” kata Bambang.

Amaluddin • 12 Oktober 2021 21:00

Sumber : https://www.medcom.id/